Red Stars Flag 100% Polyester, Bright Colors

Red Stars Flag 100% Polyester, Bright Colors

Jumat, 13 Agustus 2010

Generasi Muda Kabupaten Yahukimo Daerah Wilayah Tiga Harus Diberdayakan

Generasi muda adalah generasi penerus kabupaten yahukimo, oleh karena itu pemberdayaan generasi muda harus diseriusi oleh semua pihak. Generasi muda adalah calon pemimpin yang akan memegang tongkat estafet kepemimpinan daerah nantinya. Siapakah yang akan memimpin kabupaten yahukimo ini di kemudian hari jika generasi muda tidak disiapkan

Pada tahun 2010 ini pemerintah harus melakukan pembinaan terhadap generasi muda kabupaten yahukimo, dimana salah satu program prioritas adalah melakukan pembinaan organisasi kepemudaan. Pembinaan tersebut sangat urgen, sebab kondisi zaman yang cukup banyak dipengaruhi oleh budaya yang sifatnya tidak memberikan pendidikan yang baik bagi generasi muda. “Tujuan pembinaan ini yaitu untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi berbagai tantangan dan hambatan, sehingga generasi muda akan tetap eksis di tengah persaingan aman yang begitu keras.

Hal tersebut dapat memacu generasi muda untuk mampu melihat realita disekelilingnya dan menjauhkan mereka dari hal-hal negatif seperti narkoba, miras dan lain-lain. Menurutnya, pemuda adalah calon pemimpin bangsa, oleh karenanya pemuda senantiasa harus dapat mengembangkan dirinya terus menerus, supaya pada saatnya nanti bisa menjadi pemimpin yang diharapkan rakyat untuk memajukan kabupaten kami, yaitu kabupaten yahukimo. Sayangnya, selama ini pemberdayaan pemuda hanya menjadi wacana dan lips service yang dimainkan oleh para elite politik dan belum terlihat upaya nyata kearah pengembangan kapasitas kepemudaan.

Pemuda masa kini seperti kehilangan orientasi bahkan boleh dikatakan hampir melupakan orientasi. “Pemuda seperti kehilangan tujuan dan arah dalam hidup. Ini merupakan hal penting untuk diperhatikan oleh semua pihak. Tantangan zaman yang keras membutuhkan kesiapan diri pemuda dalam menentkan arah dan tujuan hidup yang jelas supaya kita tidak terseret arus globalisasi yang negatif,” .dan juga prihatin dengan kondisi kepemudaan dimana lebih banyak pemuda yang oportunis dan materialistis.

“Dapat dicontohkan dimana mahasiswa, kini lebih banyak mahasiswa yang kuliah untuk sekedar memperoleh gelar dan melupakan persoalan yang subtansial yakni mencari dan mengejar ilmu pengetahuan. Hal ini tentunya berimplikasi pada dilupakannya jati diri pemuda sebagai pejuang dan kader bangsa, bahwa selama ini kreatifitas pemuda lebih banyak dibatasi. Pemuda belum diberi ruang dan kesempatan yang lebih luas untuk mengekspresikan eksistensinya. “Dalam rangka meningkatkan kemampuan pemuda perlu ada upaya yang sinergis antara kemauan dari pemuda untuk mengembangkan dirinya serta kemauan positif dari para pimpinan bangsa. Tanpa itu sulit kiranya mengharapkan lahirnya pemimpin masa depan yang mumpuni berkarakter.


By: RONALD KABAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ronald kabak